Selasa, 22 Oktober 2013

TUJUAN PEMBELAJARAN DAN ASSESSMEN REVISI TAKSONOMI BLOOM



TUJUAN PEMBELAJARAN DAN CONTOH SOAL PADA EMPAT DIMENSI PENGETAHUAN
BERDASARKAN REVISI DARI TAKSONOMI BLOOM

Dimensi Pengetahuan
Dimensi Proses Kognitif
Mengingat
Memahami
Mengaplikasikan
Menganalisis
Mengevaluasi
Mencipta
Faktual
1.   siswa mampu mengindentifikasi lambang dari atom karbon
2.      siswa dapat membedakan antara larutan homogen  dan heterogen.
3.      Siswa dapat mengimplementasikan rumus umum senyawa alkana
4. Siswa mampu membedakan antara hidrokarbon jenuh dan tak jenuh
5.     Siswa mampu mendeteksi golongan-golongan hidrokarbon berdasarkan rumus umumnya
6.     Siswa mampu memberikan solusi terhadap dampak negatif dari pembakaran senyawa-senyawa hidrokarbon
Konseptual
7. Siswa mampu mendefinisakan koloid
8. Siswa mampu memberikan contoh zat-zat yang termasuk koloid atau bukan
9. Siswa mampu membuat atom C primer, sekuder, tersier dan kuarterner
10. siswa mampu menunjukkan atom C primer,sekunder,tersier dan kuarterner dalam senyawa hidrokarbon
11.   siswa mampu memberi nama-nama senyawa hidrokarbon berdasarkan rumus umum senyawa hidrokarbon
12.   siswa mampu membuat sebanyak-banyaknya isomer dari alkana
Prosedural
13. Siswa mampu menuliskan langkah-langkah dalam menentukan bilangan oksidasi
14. siswa dapat membandingkan langkah-langkah dari metode setengah reaksi dan metode bilangan oksidasi
15.  siswa dapat menuliskan langkah-langkah dalam menyetarakan suatu reaksi redoks dengan metode bilangan oksidasi dan setengah reaksi
16. siswa mampu menuliskan langkah-langkah dalam meramalkan bentuk molekul
17.   Siswa mampu menemukan kesalahan yang terdapat pada langkah-langkah dalam menyelesaikan reaksi reaksi redoks
18.  Siswa mampu mengemukakan langkah-langkah dari solusi salah satu contoh  reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari
Metakognitif
19.    Siswa mampu mengidentifikasi yang termasuk senyawa karbon dalam kehidupan sehari-hari
20.  Siswa mampu memahami reaksi redoks pada beberapa unsur dalam kehidupan sehari-hari
21. Siswa mampu menghitung jumlah ATP yang dihasilkan pada siklus krebs
22. siswa mampu menganalisis harga potensial eletroda
23.  siswa mampu lebih kritis dalam menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
24. siswa mampu merumuskan  hipotesis mengenai indikator untuk asam dan basa




1.      Lambang dari atom karbon adalah … .
a.    Ca
b.    K
c.    Co
d.   C
            e.    Cr

2.      Yang manakah berikut ini merupakan larutan homogen dan heterogen secara berturut-turut?
a.       Larutan gula dan larutan garam
b.      Larutan garam dan larutan minyak dalam air
c.       Larutan alkohol dan larutan garam
d.      Pasir dalam air dan minyak dalam air
e.       Susu dan Teh

3.      Rumus Umum Alkana adalah CnH2n+2, maka manakah diantara senyawa berikut ini yang merupakan alkana?
a.       C22H46
b.      C28H56
c.       C38H76
d.      C48H96
e.       C18H36

4.      Perhatikan contoh hidrokarbon-hidrokarbon di bawah ini
i.           H3C – CH2 – CH2 – CH3
ii.         H3C – CH = CH – CH3
iii.       H3C – CH = CH = CH3
iv.       HC C – CH2 – CH3
v.         H3C – CH = CH – C CH
Manakah berturut-turut senyawa berikut ini yang merupakan golongan hidrokarbon jenuh dan tak jenuh?
a.       ii dan iii
b.      ii dan iv
c.       iv dan v
d.      ii dan v
e.       i dan ii

5.      berikut ini adalah senyawa-senyawa hidrokarbon
i.          C10H22
ii.        C11H22
iii.      C12H22
iv.      C10H20
v.        C10H18
Urutkan senyawa di atas berdasarkan dari rumus umum masing-masing untuk senyawa alkana,alkena dan alkuna
a.       i, ii dan iii
b.      i, iii, iv
c.       ii, iii, iv
d.      i, iii, v
e.       i, iv, v

6.      Salah satu contoh hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari adalah bensin. Dalam keseharian kita, bensin adalah salah satu bahan bakar yang paling banyak digunakan oleh kendaraan bermotor di bumi ini. Pemakaiannya hampir melebihi batas sehingga terjadilah pencemaran udara dimana-mana. Kemukakanlah pendapat Anda, bagaimana cara menanggulangi pencemaran udara tersebut?

7.      Apakah yang dimaksud dengan koloid?

8.      Sebutkan 3 contoh zat yang termasuk koloid dan yang termasuk suspensi!

9.      Tuliskanlah contoh dari atom karbon primer, sekunder, tersier, dan kuarterner dan bandingkan struktur ketiganya!

10.  Dimanakah letak atom C primer, sekunder, tersier dan kuarterner dalam senyawa 2-metil-5,5-dimetil-oktana.
11.  Tuliskanlah nama dari senyawa H3C – CH2 – CH2 – CH3 , H3C – CH = CH – CH3 , dan H3C – CH = CH – C CH.

12.  Tuliskan semua isomer dari oktena!

13.  Tuliskan langkah-langkah dalam menentukan bilangan oksidasi dari H2SO4!

14.  Bandingkanlah langkah-langkah dari metode setengah reaksi dan metode bilangan oksidasi!

15.  Tuliskanlah langkah-langkah dalam menyetarakan persamaan reaksi berikut
Zn + HCl à ZnCl2 + H2

16.  Tuliskan langkah-langkah dalam meramalkan bentuk molekul dari PCl5

17.  Berikut ini adalah langkah-langkah dalam menyetarakan persamaan reaksi redoks dengan metode bilangan oksidasi dalam suasana asam adalah
i.      Menentukan biloks dari masing-masing unsur
ii.    Menentukan unsur yang mengalami reduksi maupun oksidasi
iii.  Menyetarakan koefisien unsur yang mengalami perubahan bilangan oksidasi
iv.  Menentukan selisih dari unsur yang mengalami reduksi maupun oksidasi
v.    Menyamakan selisih tersebut dengan cara mengalikan dengan bilangan yang sesuai
vi.  Menyamakan jumlah atom O dengan cara menambahkan H2O di ruas yang kelebihan atom O
vii.               Menyamakan jumlah atom OH- diruas yang berlawanan
viii.             Memastikan kembali semua unsur yang telah disetarakan

Dari langkah-langkah di atas manakah langkah-langkah yang tidak tepat dalam menyetarakan persamaan reaksi dalam suasana asam?
a.       i dan iii
b.      i dan v
c.       ii dan iii
d.      iv dan vi
e.       vi dan vii
18.  Tuliskan langkah-langkah untuk mencegah terjadinya korosi!

19.  Manakah diantara senyawa berikut yang tidak mengandung atom karbon?
a.       Gula
b.      Garam
c.       Jagung
d.      Nasi

20.  Mana yang lebih mudah mengalami korosi? Besi atau Aluminium? Jelaskan!

21.  Berapakah ATP yang dihasilkan pada satu siklus krebs tulisakan pula siklusnya

22.  Diketahui lima kelompok unsur A, B, C, D dan E.  Dari percobaan diperoleh data sebagai berikut :
1.    Logam B merupakan reduktor paling kuat.
2.    Logam A dan C dapat mereduksi ion D2+ menjadi D, tetapi tidak dapat mereduksi E2+.
3.    Logam C dapat mereduksi ion A2+ menjadi A.
Urutan harga potensial elektroda standar semakin meningkat adalah … .
a.    A – B – C – D – E
b.    E – D – C – B – A
c.    B – C – A – D – E
d.   B – E – C – A – D
e.    B – E – D – A – C

       23. Untuk mengetahui faktor luas permukaan terhadap laju reaksi, seorang siswa mencatat waktu yang dibutuhkan oleh suatu gas hasil   reaksi  untuk mengisi balon dari zat yang berbentuk padatan dan serbuk. Apakah percobaan ini sudah tepat?

23.   Beberapa jenis tumbuhan bisa digunakan sebagai indikator asam-basa (berbeda warnanya di dalam asam maupun basa) seperti kunyit, mahkota bunga, dan kol bit.. Rumuskan beberapa hipotesis yang sesuai untuk fenomena tersebut.