TUJUAN
PEMBELAJARAN DAN CONTOH SOAL PADA EMPAT DIMENSI PENGETAHUAN
BERDASARKAN
REVISI DARI TAKSONOMI BLOOM
Dimensi
Pengetahuan
|
Dimensi
Proses Kognitif
|
|||||
Mengingat
|
Memahami
|
Mengaplikasikan
|
Menganalisis
|
Mengevaluasi
|
Mencipta
|
|
Faktual
|
1. siswa mampu mengindentifikasi
lambang dari atom karbon
|
2. siswa dapat membedakan
antara larutan homogen dan heterogen.
|
3. Siswa dapat
mengimplementasikan rumus umum senyawa alkana
|
4. Siswa mampu membedakan
antara hidrokarbon jenuh dan tak jenuh
|
5. Siswa mampu mendeteksi golongan-golongan
hidrokarbon berdasarkan rumus umumnya
|
6. Siswa mampu memberikan
solusi terhadap dampak negatif dari pembakaran senyawa-senyawa hidrokarbon
|
Konseptual
|
7.
Siswa mampu mendefinisakan koloid
|
8. Siswa
mampu memberikan contoh zat-zat yang termasuk koloid atau bukan
|
9. Siswa
mampu membuat atom C primer, sekuder, tersier dan kuarterner
|
10. siswa
mampu menunjukkan atom C primer,sekunder,tersier dan kuarterner dalam senyawa
hidrokarbon
|
11. siswa mampu memberi nama-nama senyawa
hidrokarbon berdasarkan rumus umum senyawa hidrokarbon
|
12. siswa mampu membuat sebanyak-banyaknya
isomer dari alkana
|
Prosedural
|
13. Siswa
mampu menuliskan langkah-langkah dalam menentukan bilangan oksidasi
|
14. siswa
dapat membandingkan langkah-langkah dari metode setengah reaksi dan metode
bilangan oksidasi
|
15. siswa dapat menuliskan langkah-langkah
dalam menyetarakan suatu reaksi redoks dengan metode bilangan oksidasi dan
setengah reaksi
|
16. siswa
mampu menuliskan langkah-langkah dalam meramalkan bentuk molekul
|
17. Siswa mampu menemukan kesalahan yang
terdapat pada langkah-langkah dalam menyelesaikan reaksi reaksi redoks
|
18. Siswa mampu mengemukakan langkah-langkah
dari solusi salah satu contoh reaksi
redoks dalam kehidupan sehari-hari
|
Metakognitif
|
19. Siswa mampu mengidentifikasi yang
termasuk senyawa karbon dalam kehidupan sehari-hari
|
20. Siswa mampu
memahami reaksi redoks pada beberapa unsur dalam kehidupan sehari-hari
|
21. Siswa
mampu menghitung jumlah ATP yang dihasilkan pada siklus krebs
|
22. siswa
mampu menganalisis harga potensial eletroda
|
23. siswa mampu lebih kritis dalam menentukan
faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
|
24. siswa
mampu merumuskan hipotesis mengenai
indikator untuk asam dan basa
|
1. Lambang dari atom karbon adalah … .
a.
Ca
b.
K
c.
Co
d. C
e.
Cr
2. Yang manakah berikut ini merupakan
larutan homogen dan heterogen secara berturut-turut?
a. Larutan gula dan larutan garam
b. Larutan garam dan larutan minyak dalam
air
c. Larutan alkohol dan larutan garam
d. Pasir dalam air dan minyak dalam air
e. Susu dan Teh
3.
Rumus Umum Alkana adalah CnH2n+2,
maka manakah diantara senyawa berikut ini yang merupakan alkana?
a. C22H46
b. C28H56
c. C38H76
d. C48H96
e. C18H36
4.
Perhatikan contoh hidrokarbon-hidrokarbon
di bawah ini
i.
H3C
– CH2 – CH2 – CH3
ii.
H3C
– CH = CH – CH3
iii. H3C – CH = CH = CH3
iv. HC ≡ C
– CH2 – CH3
v.
H3C
– CH = CH – C ≡ CH
Manakah
berturut-turut senyawa berikut ini yang merupakan golongan hidrokarbon jenuh
dan tak jenuh?
a. ii
dan iii
b. ii
dan iv
c. iv
dan v
d. ii
dan v
e. i
dan ii
5.
berikut ini adalah senyawa-senyawa
hidrokarbon
i.
C10H22
ii.
C11H22
iii. C12H22
iv. C10H20
v.
C10H18
Urutkan
senyawa di atas berdasarkan dari rumus umum masing-masing untuk senyawa
alkana,alkena dan alkuna
a. i,
ii dan iii
b. i,
iii, iv
c. ii,
iii, iv
d. i,
iii, v
e. i,
iv, v
6.
Salah satu contoh hidrokarbon dalam
kehidupan sehari-hari adalah bensin. Dalam keseharian kita, bensin adalah salah
satu bahan bakar yang paling banyak digunakan oleh kendaraan bermotor di bumi
ini. Pemakaiannya hampir melebihi batas sehingga terjadilah pencemaran udara
dimana-mana. Kemukakanlah pendapat Anda, bagaimana cara menanggulangi
pencemaran udara tersebut?
7.
Apakah yang dimaksud dengan koloid?
8.
Sebutkan 3 contoh zat yang termasuk koloid
dan yang termasuk suspensi!
9.
Tuliskanlah contoh dari atom karbon
primer, sekunder, tersier, dan kuarterner dan bandingkan struktur ketiganya!
10. Dimanakah
letak atom C primer, sekunder, tersier dan kuarterner dalam senyawa
2-metil-5,5-dimetil-oktana.
11.
Tuliskanlah nama dari senyawa H3C
– CH2 – CH2 – CH3 , H3C – CH = CH –
CH3 , dan H3C – CH = CH – C ≡ CH.
12.
Tuliskan semua isomer dari oktena!
13.
Tuliskan langkah-langkah dalam
menentukan bilangan oksidasi dari H2SO4!
14. Bandingkanlah
langkah-langkah dari metode setengah reaksi dan metode bilangan oksidasi!
15. Tuliskanlah
langkah-langkah dalam menyetarakan persamaan reaksi berikut
Zn + HCl à
ZnCl2 + H2
16. Tuliskan
langkah-langkah dalam meramalkan bentuk molekul dari PCl5
17. Berikut
ini adalah langkah-langkah dalam menyetarakan persamaan reaksi redoks dengan
metode bilangan oksidasi dalam suasana asam adalah
i. Menentukan
biloks dari masing-masing unsur
ii. Menentukan
unsur yang mengalami reduksi maupun oksidasi
iii. Menyetarakan
koefisien unsur yang mengalami perubahan bilangan oksidasi
iv. Menentukan
selisih dari unsur yang mengalami reduksi maupun oksidasi
v. Menyamakan
selisih tersebut dengan cara mengalikan dengan bilangan yang sesuai
vi. Menyamakan
jumlah atom O dengan cara menambahkan H2O di ruas yang kelebihan atom O
vii.
Menyamakan jumlah atom OH-
diruas yang berlawanan
viii.
Memastikan kembali semua unsur yang
telah disetarakan
Dari langkah-langkah di atas manakah
langkah-langkah yang tidak tepat dalam menyetarakan persamaan reaksi dalam
suasana asam?
a. i
dan iii
b. i
dan v
c. ii
dan iii
d. iv
dan vi
e. vi
dan vii
18. Tuliskan
langkah-langkah untuk mencegah terjadinya korosi!
19. Manakah
diantara senyawa berikut yang tidak mengandung atom karbon?
a. Gula
b. Garam
c. Jagung
d. Nasi
20. Mana
yang lebih mudah mengalami korosi? Besi atau Aluminium? Jelaskan!
21. Berapakah
ATP yang dihasilkan pada satu siklus krebs tulisakan pula siklusnya
22. Diketahui lima kelompok unsur A, B,
C, D dan E. Dari percobaan diperoleh data sebagai berikut :
1.
Logam B merupakan reduktor paling kuat.
2.
Logam A dan C dapat mereduksi ion D2+ menjadi D, tetapi tidak dapat
mereduksi E2+.
3.
Logam C dapat mereduksi ion A2+ menjadi A.
Urutan harga potensial elektroda
standar semakin meningkat adalah … .
a.
A – B – C – D – E
b.
E – D – C – B – A
c.
B – C – A – D – E
d.
B – E – C – A – D
e.
B – E – D – A – C
23. Untuk mengetahui
faktor luas permukaan terhadap laju reaksi, seorang siswa mencatat waktu yang
dibutuhkan oleh suatu gas hasil reaksi
untuk mengisi balon dari zat yang berbentuk padatan dan serbuk. Apakah
percobaan ini sudah tepat?
23.
Beberapa
jenis tumbuhan bisa digunakan sebagai indikator asam-basa (berbeda warnanya di
dalam asam maupun basa) seperti kunyit, mahkota bunga, dan kol bit.. Rumuskan
beberapa hipotesis yang sesuai untuk fenomena tersebut.
3 komentar:
asyik sekaliiii
asyik sekali
hahahahahahahahaaha.......tertipu dia...
Posting Komentar